Statistik

Sonora Radio

Senin, 26 Juli 2010

Peta Geologi

ALAT UKUR TANAH


NAMA : Ratih Dwi Prasetyaningsih

NPM : 16309860

TUGAS : Ilmu Ukur Tanah

DOSEN : Ellysa , ST., MT


UNIVERSITAS GUNADARMA

JUNI 2010


ISI

Peta Geologi

1.1 Definisi Peta geologi

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pengertian peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Kemudian pengertian geologi secara umum adalah ilmu yang mempelajari planet bumi, termasuk komposisi, keterbentukan, dan sejarahnya.

Definisi Peta Geologi menurut (SNI-4691, 1998) adalah Gambaran atau bentuk dengan melalui ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah/wilayah/kawasan dengan tingkat kualitas berdasarkan skala

Peta geologi dapat diartikan pula sebagai gambar yang merupakan bentuk data dan informasi geologi suatu daerah atau wilayah dengan tingkat kualitas yang tergantung pada skala peta yang digunakan. Peta geologi menggambarkan informasi penyebaran, jenis dan sifat batuan, umur, stratigrafi, struktur, tektonika, fisiografi dan potensi sumber daya mineral dan juga energi yang disajikan dalam bentuk gambar dengan warna, simbol atau gabungan dari ketiganya.

Peta geologi adalah sebuah ilustrasi volume besar informasi geologi. Dengan menggunakan peta geologi, ahli geologi dapat menunjukkan distribusi batuan pada permukaan bumi dan struktur geologi terhadap batuan yang telah berdeformasi. Peta geologi menunjukkan terjadinya, sifat, jangkauan dan usia stratigrafi lapisan batuan di suatu daerah. Peta geologi memberikan informasi pada lapisan dangkal dari kerak bumi. Pilihan skala dalam pembuatan peta geologi tergantung pada konten geologi dan tujuannya peta.

Kondisi penting untuk membangun peta detail geologi adalah survei lapangan yang tepat, berdasarkan pengukuran dan pengamatan banyak. Ahli geologi lapangan menentukan jenis batu menurut berbagai kriteria dan langkah-langkah orientasi. Semua data diterjemahkan ke dalam peta dan di buku catatan lapangan. Selain gambaran alam atau buatan, data dari lubang atau lubang bor uji penting yang diambil sebagai bahan pertimbangan.

Pada akhir survey lapangan, ahli geologi ini membuat naskah asli dengan skala 1: 25.000 dan membuat beberapa bagian geologi pada daerah yang akan dipelajari. Serta harus menulis catatan penjelasan yang umumnya berisi banyak keterangan.

1.2 Jenis-jenis Peta Geologi

a) “Peta geologi permukaan” atau “peta rincian” (surface geological map) memberikan berbagai formasi geologi yang langsung terletak di bawah permukaan.

b) Peta pengungkap atau peta ungkapan (outcrop map).

c) “Peta ikhtisar geologis”. tidak saja memberikan pengamatan langsung terhadap formasi-formasi yang telah tesingkap, akan tetapi ada kalanya pula ekstrapolasi atas daerah-daerah yang beberapa formasinya.

d) “Peta struktur”, berskala sedang hingga besar. peta dengan garis-garis kedalaman yang dikonstruksikan pada permukaan sebuah lapisan tertentu, yang berada di dalam tanah-bawah.

e) “Peta isopach”, berskala sedang hingga besar, di mana garis-garis menghubungkan titik-titik yang sama tebal dan sebuah formasi atau lapisan (dengan demikian konfigurasi struktural tidak kita temukan di dalamnya).

f) Peta-peta yang dibuat berdasarkan foto udara, disebut “peta fotogeologi”.

Pemetaan geologi adalah pekerjaan atau kegiatan pengumpulan data geologi, baik darat maupun laut, dengan berbagai metoda. Kegiatan pemetaan geologi pada awalnya lebih mengarah pada penyelidikan geologi untuk mendukung eksplorasi. Perkembangan selanjutnya kegiatan ini tidak saja untuk mendukung penyediaan sumber daya mineral dan energi , akan tetapi telah berkembang sebagai pendukung sektor pembangunan lainnya. Berbagai skala peta geologi kemudian dihasilkan.

Untuk lebih meningkatan daya guna peta geologi dan mempermudah dalam pemahamannya, penyusunan suatu format, standar dan sekala peta geologi yang disepakati secara nasional menjadi kebutuhan yang segera harus terwujud. Suatu standar peta geologi yang dapat memberikan informasi dasar bagi sumberdaya mineral dan energi serta pengembangan wilayah.

Standar penyusunan peta geologi ini memuat persyaratan atau ketentuan umum bagi pembuatan peta geologi dengan format standar Indonesia.


DAFTAR PUSTAKA

http://peta-geologi-digital.blogspot.com/

http://elank37.wordpress.com/2008/03/20/sni-peta-geologi/

material.eng.usm.my/stafhome/tuan/L10%20Peta%20geologi.ppt

http://www.dephut.go.id/INFORMASI/BPKH/Banjarbaru/OPEN/Peta_Geologix.html

http://www.scribd.com/doc/25244344/Geologi-Teknik-Peta-Geologi-Material-Geologi

0 komentar:

Poskan Komentar

Daftar Pengunjung