Statistik

Sonora Radio



Senin, 26 Juli 2010

Total Station

Sumber : Yogi Oktopianto (16309875)

Total Station

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang, tanpa terkecuali

dunia infrastruktur pun ikut berperan andil dalam mengikuti arus medernnisasi. Munculnya berbagai alat ukur tanah modern merupakan salah satu dari bentuk bahwa dunia Teknik Sipil ikut ambil bagian dari modernnisasi. Dahulunya melakukan survey menggunakan alat-alat sederhana serta dengan cara manual,tetapi sekarang dengan munculnya alat-alat yang menggunakan sistem digital semua dapat dilakaukan secara elektronis, cepat dan akurat. Pada saat ini cukup banyak jenis - jenis alat ukur modern seperti Total station, GPS ,Geodimeter, Ekosonder, Meteran laser dan masih banyak lainya. Salah satu alat yag banyak digunakan dalam melakukan survey saat ini adalah Total Station.

Total Station merupakan suatau alat elektronik modern yang digunakan dalam melakukan survey . Alat ini digunakan untuk mengujur sudut dan jarak. Total station adalah kombinasi transit (teleskop) antara elektronik dan alat pengukur jarak elektronik EDM (electronic distance measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik berupa sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target yaitu alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM. Jadi, total Station merupakan alat teknologi yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolite dengan teknologi EDM. Total station itu sendiri merupakan perkembangan terakhir dari theodolit. Total station di lengkapi dengan perangkat, seperti transit dan tape, yang dapat menentukan sudut dan jarak dari instrumen poin yang dapat disurvei. EDM, untuk mengukur jarak dari instrumen target. Sebuah kalkulator untuk mencari lokasi titik terlihat. Perekam data untuk mengurangi potensi kesalahan. Dengan bantuan trigonometri, sudut dan jarak dapat digunakan untuk menghitung posisi sebenarnya (x, y, dan z atau arah timur dan elevasi) titik yang disurvei secara absolut.

Adapu keutamaan alat ukur Total Station secara umum yaitu Tingkat ketelitian bacaan ukuran jarak berkisar antara 0,1 Cm – 0,01Cm, jadi dapat dapat disimpulkan bahwa alat ini sudah cukup teliti. Kemampuan jarak ukur rata-rata 3.000 meter. Sumber kesalahan bisa di hilangkan atau dieleminasi, misalnya yaitu kesalahan kasar (blunder) yaitu kesahan karena kelalaian manusia,seperti : salah baca, salah tulis dan salah dengar. Karena pada Total Station bacaan arah, sudut dan bacaan jarak sudah ditampilkan otomatis pada tampilan layar, bahkan dapat tersimpan secara otomatis dalam memori alat ukur. Pengolahan data dilengkapi dengan software seperti AutoCAD dan Mincom, sehingga pengolahan data lebih cepat. Data ukuran jarak, sudut, azimuth dan koordinat tersimpan di memory alat. Format data hasil ukuran Total Station sudah bisa diaplikasikan langsung dengan program GIS dan digabungkan dengan data GPS. Kesalahan Kolimasi, kesalahan index vertikal sudah diset Nol sehingga tidak perlu pengaturan lagi. Pada proses pengukuran stake out atau pencarian titik,Total Station lebih memudahkan pelaksana dalam mencari titik-titik tersebut. Dengan memasukan koordinat acuan titik dan data jarak dan sudut yang diketahui, maka pencarian titik tersebut lebih mudah, karena alat Total Station menghitung secara otomatis posisi prisma berdiri, Pada kondisi cahaya redup ataupun gelap, pengukuran masih bisa dilaksanakan karena Total Station menggunakan teknologi infra merah.

Jadi, Total Station merupakan peralatan pengukuran tipe teliti berbasis elektronik yang mempunyai kemampuan berintegrasi dengan peralatan pemetaan lainnya seperti halnya GPS dan software sistem informasi geografis.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Pengunjung